Sabtu, 27 September 2014

Via

Telkomsel Siap Implementasi 4G LTE

Telkomsel Siap Implementasi 4G LTE - Jaringan telekomunikasi 4G LTE (Long Term Evolution) tak lama lagi akan bisa dicicipi di seluruh Indonesia. Para operator telekomunikasi menyatakan diri sudah siap untuk mengimplementasikannya.

Hal senada pun diungkapkan oleh Nokia selaku penyedia layanan teknologi jaringan seluler. President Director Nokia Solution Network (NSN) Indonesia, Darmesh Malhotra menyebutkan bahwa pihaknya telah berkerjasama dengan tiga operator seluler di Indonesia, yakni Telkomsel, Hutchison (Tri), dan Smartfren 4G LTE , untuk menggelar 4G LTE yang rencananya akan dilaksanakan tahun 2015 mendatang.

"Indonesia akan menjadi pasar yang sangat potensial untuk 4G LTE. Kami sudah berkerjasama dengan Telkomsel, Hutchison (Tri), dan terakhir dengan Smartfren yang akan beralih dari CDMA ke LTE. Rencananya tahun depan sudah bisa digelar dan pemerintah pun memberikan dukungan dengan baik," tutur Malhotra di acara NSN Revisited Mobile World Congress 2014 yang berlangsung hari ini, Selasa (24/6/2014).

Di lain pihak, sebelumnya Telkomsel juga telah mengumumkan akan mengalokasikan penambahan investasi yang signifikan Untuk menggelar jaringan 4G LTE. Dukungan ekosistem DNA (Device – Network – Applications) juga dibutuhkan untuk memberikan pengalaman baru mobile digital lifestyle kepada masyarakat Indonesia.
Melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan. Telkomsel mengaku sudah mendapat dukungan penuh dari para pemegang saham untuk mengimplementasikan layanan 4G LTE ini di seluruh Indonesia.

Nokia sendiri saat ini diketahui telah mendukung 143 layanan komersial jaringan 4G LTE di berbagai penjuru dunia, termasuk China, Jepang dan Korea Selatan. Untuk semakin memaksimalkan layanan 4g Indonesia , Nokia juga mengenalkan teknologi telekomunikasi berbasis komputasi awan yang disebut dengan Telco Cloud. Teknologi ini diyakini mampu meningkatkan efisiensi dan layanan data para operator telekomunikasi. Sejauh ini Telco Cloud masih dalam tahap uji coba yang dilakukan di Jepang.

Layanan 4G LTE nantinya akan menawarkan theoretical download speed antara 75 – 100 Mbps dan typical download speed berkisar antara 3 – 12 Mbps. Kecepatan ini menawarkan akses mobile internet yang tiga kali lebih cepat dibandingkan layanan 3G.

Apa Itu 4G LTE?
4G LTE atau Long Term Evolution merupakan standar baru sebuah nirkabel tingkat tinggi yang berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA. Teknologi ini membuat kita dapat mengakses data lewat perangkat mobile lebih cepat dibanding menggunakan 3G maupun 3,5G. 4G LTE sendiri diadopsi pertama kali oleh sebuah perusahaan di Stockholm dan Oslo. Selain dapat mengirimkan data berkecepatan tinggi, LTE sendiri dapat melakukan multimedia unicast dan servis penyiaraan multimedia.

Keutungan Menggunakan 4G LTE
Dengan speed super cepat, 4G LTE memiliki banyak sekali keuntungan. Bayangkan, kecepatan mengunduhnya bisa mencapai 300 Mbps dan upload hingga 75.4 Mbps. Aktivitas akan semakin terbantu dengan adanya jaringan berkecepatan tinggi. Mengirim, download file atau aplikasi besar akan semakin cepat dan mudah.

Aplikasi yang Menggunakan 4G LTE
Kini, makin banyak aplikasi menarik buat melengkapi smartphone kita. Namun, jika tidak diimbangi dengan jaringan internet tinggi, penggunaan aplikasi ini nggak akan maksimal. Teknologi 4G LTE ini cocok untuk aplikasi smartphone yang membantu kamu dalam aktivitas mengunggah dan mengunduh file besar seperti Dropbox, video call via Skype, bermain game online dengan grafis yang tajam dan tentu saja streaming video di Youtube.
Baca selengkapnya Smartfren Persiapkan Jaringan 4G LTE di Indonesia